13 January 2014



Malam guys.
Saya ingin sedikit share kepada teman-teman, barangkali ada yang mengalami hal serupa dengan saya pada aplikasi bbm dari blackberry yang tidak bisa mengirim bbm ke bbm pada platform android / ios.

Hal ini terjadi pada saya saat bbm di android dan ios baru saja diluncurkan oleh RIM. BBM pada blakckberry saya mengalami kejanggalan, yaitu tidak bisa mengirim bbm ke bbm platform android / ios, tetapi mereka sendiri bisa mengirim bbm kepada saya. Hal ini sempat membuat saya jengkel karena ada sebagian buyer saya yang menginvite bbm saya melalui android / ios, tetapi mereka merasa kalo saya tidak membaca dan membalas bbm mereka. 

Setelah itu saya langsung bertanya kepada teman saya, barangkali saja ada teman yang mengalami hal serupa dengan saya. Ternyata ada salah seorang teman yang menyarankan untuk menginstall ulang kembali aplikasi bbm pada blackberry saya, karena dia pun mengalami hal serupa dengan saya dan berbuat demikian hingga akhirnya kembali normal. 

Akhirnya saya pun menginstall kembali bbm saya. Berikut langkah2nya :

1. Hapus aplikasi bbm yang telah terinstall pada blackberry anda dengan cara masuk ke bagian setting - device - application - bbm - klik lambang bb (menu) - lalu delete. Tunggu hingga aplikasi bbm tersebut selesai di hapus. 

2. Menggunakan browser pada blackberry anda, searching di google dengan menggunakan keyword "download bbm v7". Mengapa harus v7 ?? Karena bbm versi 8 masih versi beta oleh karena itu banyak yang komplain kalo bbm versi 8 itu membuat handheld blackberry mereka menjadi lemot. Tapi kalo masih mau coba bbm version 8, feel free to do it. 

3. Disarankan untuk mendownload aplikasi bbm melalui website http://www.blackberry.com. Karena jika tidak yang ditakutkan adalah aplikasi bbm tersebut menjadi virus dan tidak kompatibel dengan handheld blackberry yang anda gunakan. Jika mendownload melalui browser carilah file bbm dengan format ota agar langsung terdownload dan terinstall secara otomatis. 

4. Silahkan coba kirim ke bbm android teman terdekat anda. Selamat mencoba. 

Sorry kalo acak-acakan teman penulisannya, namanya juga masih belajar menulis :D

Indahnya Berbagi. 

Fredickson. 

Komentar Menggunakan :
OR

53 comments:

  1. Thx sarannya yah. sangat membantu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan ! Terima kasih telah berkunjung ..

      Delete
  2. saya sudah lakukan langkah2 itu, tapi sampai sekarang masih tetap begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya dimana gan ?? coba di share sama saya, siapa tau saya bisa bantu ..

      Delete
    2. Setuju dengan Bro Siswanto...ane jg kena kasus sama...udah mencoba mulai reinstal bbm trz upgrade bbm...trz downgrade....trz wipe...trz download bbm v7 masih aza tanda silang klo kirim k pin bb kepala 7xxxxx
      Mungkin sudah saat blackberry gulung tikar ^^v

      Delete
    3. Kalo reinstal BBM, apa data2 akan hilang? apa sy hrs backup dulu sblm uninstal BBM versi yg lama? Mohon pencerahannya brooo... Grazie.. Grazie...

      Delete
    4. Data untuk di BB nya sih tidak akan hilang bro tapi kalo untuk contact yang ada di BBM nya pasti hilang sermua layaknya BBM yang baru pertama kali di install di BB. Tapi tenang aja selama bro Furri masih ingat BB ID yang dipakai untuk login ke BBM nya, semua contactnya pasti balik lagi seperti terakhir digunakan. Thx for asking.

      Delete
    5. bener mas siswanto saya udah 6 kali coba saking pusing nya saya reset aja sampe data ilang smua..skrng pengen nyoba lagi kalo tetep ga bisa blog ini mnding hapussss

      Delete
    6. ane baru coba ini bbm ane udah bisa lagi yang bakalan ilang cuma request, bbm group , sama pending itu ajah kontak gabakaln ilang ko

      Delete
  3. saya udah wipe tapi tetep ga bisa kenapa ya ? mohon infonya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dijelaskan lebih lengkap bro Johannes masalahnya, barangkali saya bisa bantu trace dimana kesalahannya.

      Delete
  4. udah bisa gan. ternyata harus di restart dulu setelah masuk bb id. thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke .
      Banyak-banyak sharing sama kita di sini gan :D

      Delete
  5. GK BISA JUGA UDAH INSTAL YANG TERBARU MASIH SAMA DOANK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di Hard Restart bro, mungkin sama masalahnya sama bro Johannes Priyanto.

      Delete
  6. Udah di delete bbmnya, tp masalahnya, pas mau download ato install ulang selalu failed :( ... Dan sekarang aq ga punya bbm di bb-kuuu T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo boleh, mohon sekalian bantu share link yg kira2 bisa utk di download buat di bb 9330 cdma dong...tq

      Delete
    2. Biasanya download BBM failed itu dikarenakan beberapa hal mbak.
      1. RAM nya terlalu berat / banyak bekerja di belakang layar (in background), jadi coba hapus beberapa aplikasi yang tidak penting dan membutuhkan banyak RAM untuk menjalankan aplikasi tersebut.

      2. Koneksi internet yang lelet juga bisa menyebabkan download BBM menjadi gagal / failed. Jadi coba di download pada tempat yang memiliki koneksi internet penuh atau bisa menggunakan HOTSPOT di sekitar lingkungannya mbak.

      3. Tidak menggunakan paket data Blackberry yang FULL SERVICE. Jadi mungkin bisa diliat dulu paket datanya, kalo pake paket data yang hanya bisa akses Social Network dan BBM saja sudah tentu tidak bisa mengakses BB WORLD.

      4. Mungkin ini cara terakhir dan paling ampuh adalah menginstal ulang semua OS Blackberry anda agar semuanya menjadi seperti BB yang baru pertama kali dibeli yang artinya Memory pada BB tersebut masih penuh tapi jika menggunakan cara ini ada baiknya back up dahulu semua data yang ada pada blackberry anda agar dapat di restore setelah BBM nya sudah bisa terinstal. DO IT WITH YOUR OWN RISK !!!

      Untuk Link download bisa langsung di cek di http://www.blackberry.com dan mengaksesnya melalui blackberry anda.

      Semoga bisa membantu :D

      Delete
  7. makasih gan berkan informasi kamu, bb saya bisa kirim pesan lagi ke android, kontak ga akan ilang!, yang ilang cuma bbm group, requests, sama pending itu ajah ko :) trimakasih banyak ya gan

    ReplyDelete
  8. THX gan infonya,, lagi di coba nih,, :) semoga bisa yah

    ReplyDelete
  9. gan, kok gak bisa yah,, pdhal udah download BBM v7 nya, tapi tetep ajh silang,, T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di download dari web resmi Blackberry nya gan ?? jangan sampe download dari web lain , karena ditakutkan BBM dari web lain banyak bug nya.

      Terima Kasih kunjungannya.

      Delete
  10. gan ane udah coba tp gak bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba beritahu saya apa yang gak bisa nya gan biar lebih jelas :D

      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. permasalahan sama nih di mari. dimulai dari sending message yg ngadat2, tapi bisa di resend, sampe akhirnya dengan sendirinya silang terus.
    uda coba reinstall hampir 5x, tetep ga bisa2 bbm ke platform lain, pdhl bbm ke bb bisa D/R. setelah reinstall malah bbnya jadi super lemot. mohon bantuannya donk gan. pliz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, bb ku saya juga uda di wipe, uda cabut mmc just in case supaya ga ada file yang hilang. uda juga di restart setelah install ulang bbm. apa satu2 cara harus update ke bbm 8? smentara uda comfort pake bbm 7 sih. gmn ya gan?

      Delete
    2. sama dah...udah nyoba wipe sma upgrade k 8...trus downgrade lagi k 7...tetep aja sama...k andro selalu silang...
      kwkwkwk
      ane sempet pake 8 beberapa jam, tpi tetep aja silang

      Delete
    3. Hmmm, seperti nya ada yang salah gan cara installnya! Soalnya sampe sekarang saya masih lancar jaya BBM an ke platform lain dengan cara yang saya kasih di artikel ini.

      Coba ulangi cara nya 1 per 1 gan, dan memang sebenernya ngga perlu sampe wiping. Tapi coba saya cari dlu penyebabnya gan.

      Delete
  13. saya juga lagi trouble nih, gabisa bbm ke bbm for android..
    udah reestart berkali kali tetep gak bisa. silang terus.
    tapi bbm ke bbm blackberry ya biasa, lancar, normal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih kasusnya, dari kemarin sampai hari ini bbm ke android silang mulu. mw delete bbm nya trs reinstal males pula hahahaha

      Delete
    2. Coba diikuti langkah-langkah yang sudah saya beritahukan di atas gan :D !

      Semoga berhasil.

      Delete
  14. tolong dongg gan.... saya udh menginstal bbm nya berulang_ulang .. tapi tetep aja engga bisa ngirim bbm ke android...... gmna nih gan... please gan.. kasih tau dong cara nya gan!!

    ReplyDelete
  15. Sama... :'( udah diwipe, restart, bbm di instal ulang pake 7 & 8 juga ga bisa..
    ada cara lain kahh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu di wipe sebenernya gan.
      di install nya dari BB WORLD atau download dari website blackberry gan ??

      Delete
  16. gan ane udah coba beberapa kali tapi hasil tetap sama (x) silang terus,,,
    apa gak ada cara lain gan,,,???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lagi coba cari gan. Coba di share di bagian mana stuck nya ??

      Delete
  17. Saya juga nih gan, padahal udah upgarde os, terus inul os, terus di wipe, upgrade bbm8, downgrade lagi, hard reset, dan sekarang bbmnya gue apus saking keselnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kalo memang itu lebih baik yo wessss :D

      Delete
  18. Apakah trick ini juga berlaku untuk BB OS10? Blackberry Z3 saya juga mengalami hal tersebut, sudah saya wipe beberapa kali tetap tidak menolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak menjamin gan soalnya saya menggunakan BB Onyx 2 aka Bold 9780. Tapi kalo agan ingin coba silahkan "Do It With Your Own Risk" :D

      Delete
  19. terimakasih infonya gan,, masih tak coba ini,, smeoga berhasil...

    ReplyDelete
  20. Sama saya jg mengalami hal yg sama gan...bbm ke android/ios cm checklist doang...saya pake z10

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasusnya sama dengan agan KURNIAWAN SANTOSA.

      do it with your own risk :D

      Delete
  21. Salah satu testimonial dari banyak pengguna BB yang memiliki masalah yang sama dan masalahnya TUNTASSS kalo memang diikuti dengan benar , hehehe ..

    ReplyDelete
  22. Kenapa BBMnya tidak bs buat kirim File???
    Pemberitahuannya"TERJADI KESALAHAN SAAT MENULIS"
    Tapi untuk chat nya lancar..
    mohon di bantu...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama banget ini kasusnya kaya saya, tapi sekarang saya kalo ngirim file selalu mentok di akhir, gak jalan-jalan lagi, ada yg tau kenapa?

      Delete
    2. Sama sqya jga mohon bantuanya

      Delete
  23. nice share visit me http://rempasboy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. Solusi masalah access denied BBM Android yang gagal ketika kirim gambar ternyata mudah.

    Caranya simpel dan tidak rumit kok.

    ReplyDelete
  25. Kalau saya kebalikan nya gan.. Hp saya kan android.. Bbm ke hp bb itu keterangan di hp android Saya ceklis.. Trus itu gimna?? ..tpu aneh nya klau hp bb bbm ke hp saya android itu lngsung masuk.. Tolong mohon bantuan nya gan.. Blackberry 3320

    ReplyDelete

Comment anda adalah bentuk penghargaan untuk postingan yang saya buat

- Copyright © Fredickson -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -