13 May 2013


Cara Memulai Bisnis Online yang Mudah dan Murah.

Postingan kali ini saya buat mengacu pada pengalaman pertama saya terjun dalam dunia bisnis online. Mungkin beberapa dari pembaca pasti bertanya, ko malah membahas bisnis online terus dari pada winenya ?? ya mungkin itu menjadi pemikiran pembaca saat ini, tetapi pada dasarnya blog ini saya buat untuk menshare beberapa ilmu yang saya miliki dan saya dapatkan selama saya berada di dunia ini :D (lebay banget sihhh loooo ....... hahahaha !!).

Well, back to the topic ! Sebelumnya saya ingin membuka pemikiran teman-teman sekalian. Jika saya bertanya kepada teman-teman, mana yang akan anda pilih PENGUSAHA atau PEGAWAI ?? Klo Pengusaha terserah kita kapan toko dibuka, kapan kita tidur, kapan kita makan, kapan kita istirahat, kapan kita gajian, kapan kita beli ini, kapan kita beli itu dan kapan-kapan yang lain. Nah klo Pegawai, kapan kita kerja (setelah perusahaan buka), kapan kita istirahat (setelah disuruh istirahat), kapan kita beli ini beli itu (setelah kita gajian), kapan kita tidur (setelah kita sedang libur / pulang kerja), yang pada intinya semua waktu yang kita punya tidak dapat sembarang kita gunakan karena semuanya sudah diatur oleh perusahaan tempat kita bekerja (dalam artian lingkup pekerjaan). Berbeda dengan seorang pengusaha yang semuanya itu kita sendiri yang mengaturnya. Dari mulai toko dibuka, kapan menggaji karyawan, berapa besaran gaji yang diberikan, inovasi apa yang kita lakukan memajukan bisnis tersebut, sampai kapan toko tersebut ditutup. Tetapi semuanya itu tidak akan didapat jika yang menjadi pengusaha hanya berleha-leha dan jarang melakukan inovasi terhadap bisnisnya tersebut. So, tolong garis bawahi hal ini menjadi pengusaha bukanlah pilihan bagi orang-orang yang MALASSSS !

Saya adalah seorang pegawai swasta yang sedang mencoba menjadi seorang pengusaha kecil-kecilan. Tetapi pada akhirnya saya tetap akan mengacu kepada tujuan awal saya, apa itu ??? Menjadi seorang PENGUSAHA yang SUKSES. Ya, pasti semua orang juga akan menginginkan hal tersebut. Tetapi banyak orang yang bingung ingin memulai dari mana untuk menjadi pengusaha. Disini saya tidak men-share bagaimana cara cepat menjadi sukses atau menjadi kaya. Ini hanyalah sebuah pengalaman yang pernah saya alami sebelum saya terjun di dunia ENTREPRENEUR, tepatnya Bisnis Online.

Komputer dan Modem, itulah senjata awal yang saya gunakan untuk merealisasikan keinginan saya untuk menjadi seorang pengusaha. Dulu, setelah saya keluar dari tempat saya bekerja sebelum ini, saya berpikir bagaimana caranya saya mendapatkan uang tetapi tidak harus keluar rumah ?? jawabannya hanya satu yaitu BISNIS ONLINE. Saya mencoba mencari-cari referensi-referensi dari internet untuk menjadi peBisnis Online. Entah itu dari forum-forum atau blog-blog yang isinya memberikan tips dan trick untuk mendapatkan uang dari internet. Saya baca semua info-info yang terdapat di dalamnya, dan pada akhirnya saya menemukan satu sistem yang menurut saya patut untuk dicoba. Yaitu sistem DROPSHIPPING.

Here we go, klo anda sudah membaca sampai sini, berarti memang anda berniat untuk menjadi calon seorang pengusaha sukses ke depannya. AMIENNN ! Berikut hal-hal yang dulu saya gunakan untuk memulai usaha Dropshipping.

Modal yang diperlukan :
  1. Komputer
  2. Akses Internet. Co : Modem
  3. Rekening + Tokennya
  4. HandPhone

Nah, klo senjata-senjata di atas sudah ada, anda sudah dapat menjadi seorang pemain BISNIS ONLINE. Tinggal anda cari ke situs-situs penyedia barang / supplier yang bisa menerapkan sistem dropshipping. Untuk melihat website-website yang memberikan fasilitas dropshipping ini, anda dapat mengetikkan keyword "Dropshipping Indonesia" (tanpa tanda petik) di Mesin Pencari Google.

Setelah itu anda dapat menentukan jenis barang apa yang ingin anda jual / pasarkan. Sangat direkomendasikan untuk mendapatkan supplier yang memberikan kemudahan bagi para dropshipper nya, contohnya memberikan semua informasi produk yang akan dijual, memberikan katalog produk dalam bentuk gambar, memberikan harga yang cukup terjangkau untuk dijual kembali, sampai kemudahan dalam menghubungi supplier tersebut. Biasanya supplier memberikan semuanya itu ke alamat email yang kita tuliskan saat mendaftarkan menjadi dropshipper. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan data-data yang valid saat mengisi form pendaftarannya.

Okay, senjata sudah ada, niat sudah ada, supplier juga sudah ada, sekarang apa yang harus anda lakukan ??? Anda hanya harus memilih media sosial apa yang akan anda gunakan untuk memasarkan produk supplier anda tersebut. Contoh Facebook, Twitter, BBM, Forum Jual Beli, atau dimana pun itu yang terpenting hanyalah kreatifitas, rajin promosi, selalu berinovasi, dan hal lainnya yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan. Oiya, jangan lupa untuk melakukan mark up harga dari harga yang diberikan supplier nya, biar kita juga dapet keuntungan klo ada orderan. Toh itu yang kita cari kan makanya pengen berbisnis :D.

Mungkin hanya informasi umum ini saja yang dapat saya share kepada teman-teman sekalian untuk dapat menjadi seorang pe-Bisnis Online. Mudah-mudahan jika memang ada yang menanyakan untuk men-share lagi hal-hal detail lainnya yang berkaitan dengan Bisnis Online ini, saya akan menuliskannya pada postingan saya selanjutnya.

Satu hal yang ingin saya tekankan kepada teman-teman sekalian, informasi yang saya sebutkan dan tuliskan di atas jangan jadikan sebagai patokan untuk menjadi seorang pe-Bisnis Online. Informasi tersebut hanyalah satu dari seribu cara untuk menjadi pe-Bisnis Online, karena masih banyak cara-cara lain yang dapat kita jalankan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, terutama jika tujuan anda adalah menjadi seorang PENGUSAHA. Klo dari informasi yang saya buat di atas masih ada kesalahan atau kekurangan, mohon kritik dan sarannya, bisa melalui komentar pada postingan ini atau Form Pertanyaan ini

"Hargailah dulu hal-hal kecil sebelum kamu dapat menghargai hal-hal besar"

Indahnya Berbagi.

Fredickson

Komentar Menggunakan :
OR

6 comments:

  1. Tinggalkan komentar anda tentang "Cara Memulai Bisnis Online yang Mudah dan Murah" disini !

    ReplyDelete
  2. Bisnis online itu memang sering kali dijadikan alternatif untuk banyakorang mendapatkan penghasilan. cuma harus lebih selektif juga dan harus lebih tekun untuk menjalaninya.kalau tidak seperti itu, hasilnya juga tidak dirasakan. Saya juga beberapa tahun ini menjalani bisnis online juga, bedanya memang yang diperjual belikan itu valuta asing atau yang biasa disebut trading forex, modalnya jugakecil, bahkan saya cuma deposit $5 untuk memulai trading di forex dengan broker OctaFx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak Tasya Maycha.

      Yang paling penting adalah PERSISTANCE.

      Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  3. kini memang semakin marak berbagai jenis bisnis yang dilakukan secara online, terlebih dengan perkembangan sarana teknologi dan informasi yang berkembang pesat di tengah-tengah kita. namun dari sekian jenis bisnis online yang ada yang banyak memiliki kelebihan atau keunggulan sehingga lebih banyak menarik minat orang untuk menekuninya yang saya lihat adalah bisnis trading forex. disamping memeiliki keleluasaan dalam segi waktu yang dibutuhkan, dalam hal modal yang harus kita sediakan pun cukup terjangkau dan tidak memberatkan. seperti yang saya lakukan dengan memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun Micro di OctaFX. dengan besaran modal tersebut saya sudah dapat kesempatan dari OctaFX untuk melakukan trading secara nyaman dan leluasa.

    ReplyDelete
  4. Pengen juga jadi dropshipper tapi bingung nentuin barang & susah cari supplier.

    ReplyDelete

Comment anda adalah bentuk penghargaan untuk postingan yang saya buat

- Copyright © Fredickson -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -