30 April 2013

Wine dapat dibagi menjadi 2 kategori menurut negara penghasilnya, yaitu Old World Wine dan New World Wine.

Beberapa negara produsen yang termasuk ke dalam kategori Old World Wine adalah Prancis, Italy, Jerman, Portugal dan Spanyol. Sedangkan New Zealand, Chille, Australia termasuk ke dalam kategori New World Wine.

Negara-negara Old World Wine biasanya menghasilkan wine dengan sajian yang elegant dan sebisa mungkin tidak terlalu kuat aroma kayu oak-nya. Pada label wine nya pun Old World Wine seringkali tidak mencantumkan Varietal Grape yang digunakan. Sedangkan New World Wine menyajikan wine dengan aroma kayu oak yang cukup kuat serta seringkali mencantumkan varietal grape-nya.

Akan tetapi, seiring dengan persaingan di industri wine, kedua kelompok negara produsen wine tersebut sudah saling silang dalam mengolah wine. Jadi yang terpenting untuk saat ini adalah bukan dari kategori mana wine tersebut, tetapi dapat dinilai dari reputasi brand yang memproduksinya.

Ada 1 filosofi yang kental dengan wine-wine yang dibuat oleh negara2 dari kategori Old World Wine. Apa itu ?? Wine yang dibuat oleh mereka biasanya tidak terlalu banyak informasi (pada label wine) yang diberikan karena mereka (produsen) mengharuskan konsumen yang meminum wine, mengetahui terlebih dahulu informasi dari wine tersebut. Entah informasi dari orang yang menjualnya atau dari internet (untuk zaman sekarang). Hal ini dibuat agar mereka (konsumen) tidak hanya dapat minum wine saja, tetapi juga mengetahui dengan jelas wine apa yang tengah mereka nikmati. Oleh karena itu, wine-wine Old World Wine biasa disebut sebagai wine yang egois.

Berbeda halnya dengan wine dari New World Wine, mereka (produsen) dengan gamblang memberitahukan informasi lengkap dari wine yang mereka produksi kepada konsumennya.

Inilah penjelasan singkat dari perbedaan antara Old World Wine dan New World Wine yang saya tahu. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi patokan bagus tidaknya wine tersebut, karena balik lagi semua itu dapat terlihat dari reputasi brand yang membuatnya.

Indahnya Berbagi.


Fredickson 

Komentar Menggunakan :
OR

5 comments:

  1. kalo indonesia termasuk new or old world?

    ReplyDelete
  2. kalo indonesia termasuk new or old world?

    ReplyDelete
  3. Iya Indonesia new world wine bisa juga disebut new latitude

    ReplyDelete
  4. Izin tanya kalo merlot dan shiraz itu termasuk jenis anggur atau brand si ? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. KRISTALQQ merupakan salah satu situs permainan kartu Online terbaik, aman dan terpercaya dengan persentase kemenangan yang tinggi saat ini di Indonesia.

    ReplyDelete

Comment anda adalah bentuk penghargaan untuk postingan yang saya buat

- Copyright © Fredickson -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -