27 April 2013


Postingan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membaca label yang terdapat pada setiap botol wine.

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa sih pentingnya kita mengetahui cara membaca label yang terdapat pada botol wine.

Pada sebuah Label wine terdapat informasi lengkap mengenai data-data wine tersebut. Contohnya kita dapat mengetahui dari tahun berapa anggur untuk membuat wine tersebut dipanen (VINTAGE), dari perkebunan anggur mana wine tersebut dihasilkan (WINEYARD), dari negara mana wine tersebut berasal, perusahaan apa yang membuatnya (PRODUCEN), apakah wine tersebut telah terverifikasi oleh pemerintahan setempat (appellation = France), alcohol contentnya, jenis anggur yang digunakan (GRAPE), dan masih banyak lagi.

Seorang wine expert pasti akan menanyakan secara jelas informasi dari wine yang dia konsumsi dikarenakan hal itu dapat menjadi pembanding antara wine yang satu dan wine yang lainnya.

Saat saya menulis postingan ini, saya adalah seorang pegawai perusahaan swasta yang bergerak di bidang hospitality industry dan saya ditekankan untuk menjual wine kepada setiap tamu yang datang ke tempat saya bekerja. Dan tahukah anda ??? Bahwa setiap tamu yang datang pasti akan menanyakan hal yang sama kepada saya disaat saya menawarkan wine kepada mereka. Apakah yang mereka tanyakan ??? Ya, mereka akan menanyakan hal2 yang saya sebutkan di atas terutama untuk GRAPE, VINTAGE, Dari negara mana dan siapa PRODUCEN penghasil wine tersebut.

Seperti pada gambar di atas, itu adalah salah satu contoh wine yang saya jual di tempat saya bekerja. Seperti yang anda lihat, pada gambar tersebut saya telah menuliskan beberapa info mengenai wine tersebut seperti :
  • VINTAGE : wine tersebut adalah hasil fermentasi dari anggur yang dipanen pada tahun 2008
  • PRODUCEN : Opus One adalah vineyard yang membuat wine tersebut
  • WINEMAKER : Robert Mondavi dan Baron Fellipe adalah orang2 yang membuat wine tersebut
  • WINEYARD COUNTRY : adalah negara / wilayah bagian penghasil wine opus one
  • ALCOHOL CONTENT & VOLUME : tingkat alkohol dan isi yang terdapat di dalam wine tersebut

Di atas adalah penjelasan2 singkat untuk membaca sebuah label wine. Jika anda bertanya "lalu jenis grape nya mana ?" Itu adalah pertanyaan bagus, dikarenakan tidak semua jenis wine yang dihasilkan mencantumkan jenis grape dari wine tersebut.

Opus One adalah salah satu wine yang tidak mencantumkan GRAPE yang mereka gunakan dikarenakan semua wine dengan brand Opus One memiliki varietal grape sebagai berikut Cabernet Sauvignon, Cabernet Franc, Merlot, Malbec, dan Petit Verdot yang di mix.

Mohon saran untuk postingan saya kali ini guys.

Indahnya Berbagi.

Fredickson 








Komentar Menggunakan :
OR

6 comments:

Comment anda adalah bentuk penghargaan untuk postingan yang saya buat

- Copyright © Fredickson -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -