25 April 2013


Pada postingan kali ini saya ingin share tentang The Art of Tasting Wine.

Postingan ini bersumber dari sharing saya dengan seorang manager tempat saya bekerja sekarang. Beliau berkata, "son, lu tau ga cara tasting wine itu harus menggunakan kelima indera yang dimiliki manusia. Indera Peraba, Indera Pengecap, Indea Penglihatan, Indera Peciuman dan Indera Pendengaran". Dari situ saya merasa bingung, bagaimana mungkin tasting wine saja harus menggunakan ke-5 indra manusia ??
Lalu saya bertanya, "maksudnya gmn bu ??", lalu beliau meneruskan penjelasannya , "jadi gini son ...."

Berikut penjelasannya,

Kita mulai dari awal ya..
  1. Indra Penglihatan (MATA), kita gunakan di saat kita melihat kadar gula yang terdapat pada wine. Disaat wine sudah di tuangkan ke dalam gelas, gelas tersebut kita putar agar terjadi proses oksidasi pada wine tersebut. Nah disinilah indra penglihatan kita gunakan, dimana kita melihat kadar glukosa yang terdapat pada sebuah wine. Jika wine pada dinding gelas bergerak dengan perlahan setelah kita putar berarti wine tersebut memiliki tingkat glukosa yang cukup tinggi. Begitupun sebaliknya, jika wine pada dinding gelas bergerak dengan cepat maka wine tersebut memiliki tingkat glukosa yang rendah dan dapat dikatakan memiliki kualitas yang cukup baik.
  2. Indra Penciuman (HIDUNG), kita gunakan disaat kita mencoba untuk mencium aroma dari wine tersebut. Pada tahap ini, kita dapat merasakan apakah wine tersebut masih dapat dikonsumsi atau tidak. Jika aroma dari wine tersebut seperti aroma tape, itu berarti sudah tidak layak untuk dikonsumsi, tetapi jika aroma nya seperti aroma buah2an, itu berarti masih layak untuk dikonsumsi.
  3. Indra Pengecap (LIDAH), kita gunakan disaat kita mencoba untuk mengetahui bagaimana karakteristik wine tersebut, khususnya disaat wine tersebut masuk ke dalam mulut. Wine itu kita putar (dikumur2) ke seluruh bagian lidah (depan, samping kanan dan kiri, juga pangkal lidah) yang setiap bagian nya memiliki tingkat sensitifitas untuk setiap rasa. Betul....?? (Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan untuk bagian lidah ini, karena ini adalah pelajaran semasa saya masih SD :D). Nah, disaat bagian dari lidah kita ada yang merasakan rasa paling dominan, berarti itulah karakteristik dari wine tersebut.


"Lah terus 2 indera lagi kemana ?? Indera Peraba sama Pendengaran ??" Pertanyaan itu juga yang saya tanyakan kepada manager saya.
"Hahaha", beliau tertawa geli dan melanjutkan penjelasannya, "Indra peraba kan tangan, emang kita ngga megang gelasnya waktu mau tasting ?? Trus yang terakhir itu Indra Pendengaran kita pake saat mendengar dentingan gelas sebelum kita minum sambil berkata 'CHEERRSSSS' , hehehe !" tutupnya, sambil nyeleneh pergi meninggalkan saya -__-

Saya pun tertawa karena mendengar penjelasan konyol beliau. Tetapi jika diperhatikan memang benar begitu adanya, semua indra yang terdapat pada manusia digunakan untuk tasting wine.

At last, inilah seni minum wine, tidak seperti minum spirit yang tujuannya hanya untuk mabuk berat.
Minum wine itu adalah seni jika kita tau bagaimana cara meminumnya, CHEERRSSS !

Indahnya Berbagi.

Fredickson

Komentar Menggunakan :
OR

1 comment:

  1. Ini adalah pendapat subjektif seseorang mengenai wine, jika ada kesalahan tolong koreksinya :D

    ReplyDelete

Comment anda adalah bentuk penghargaan untuk postingan yang saya buat

- Copyright © Fredickson -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -